Kamis, 02 April 2009

April 2nd 09 : after a long time...

Setelah dalam jangka waktu yang lama tidak menuliskan puisi, ada lagi yang ungkit-ungkit soal puisi.. Sepertinya reputasi sang puisi sedang naik daun kembali..

*Gak percaya??? Buka aja email AToMA.. Aje gile,, rame banget yang lomba2an bikin puisi disitu.. mulai dari bintang2, sampai cinta2an...

Sebenarnya aku sendiri sudah pernah mempostkan puisi di blog ini.. Puisi pertama yang di post di blog ini, saat pertama kali aku membuat blog ini, yang berjudul "mimpi",, sebenarnya adalah puisi terakhir aku saat itu. Puisi pertama dan satu-satunya puisi aku *sampai saat ini* yang ngga brutal, ngga gombal, ngga mellow,.. tapi sedikit ambisius.. Simpel dan mendalam. Maksudnya, walaupun simpel, tapi gak semua orang bisa memasuki maknanya.

Kemudiann... hibernasi..
sampai aku kembali menuliskan puisi tak berjudul itu.. yang kembali lagi.. mellow...

Mau tau kenapa aku bikin puisi??

Awalnya adalah karena ketertarikanku pada puisi Sutan Takdir Alisyahbana yang.. *astagaa!! sulit banget untuk diselami. Tapi setelah belajar lebih banyak, kata guru Bahasa Indonesia ku sih, waktu SMA dulu,, setelah puisi dipublish, puisi itu ibaratnya adalah milik pembaca.. jadi si pembaca bebas menginterpretasikan arti puisi tersebut.
Makanya aku jadi ngga jera baca puisi-puisi lainnya..


Di sekolahku dulu, cukup banyak pembuat puisi. Tapi kebanyakan dari mereka hanya mengandalkan gombalan belaka tanpa makna lebih dalam. Namun, ada juga beberapa anak, seingetku tiga, yang benar-benar bikin puisi bagus. 2 cewek dan 1 cowok..

Begini ceritanya...

Cewek pertama...
-berinisial N. Adalah seorang cewek yang bisa dibilang seniman *ato seniwati?? yang aktif banget di kegiatan teater *salah satu kegiatan yang dibina oleh guru bahasa indonesia ku ituu... dan acting nya.. Hmm... gak kalah sama artis.. Jago banget. Sekarang dia masih kelas 3 SMA tuh di sekolahku. Dia pernah ikut lomba baca puisi, lomba cerita betawi, dan lain-lain, dan udah cukup banyak ketemu seniman juga. *salah satu nya yang aku juga ikuti "Vertigong" di TIM.. ketemu sama mbak Trie Utami loh. Tapi ni cewek udah lebih banyak ketemu seniman daripada aku.. TT dan setiap ketemu, pasti diajarin sesuatu sama tuh seniman, yang bisa nambahin pengetahuan dan skillnya.. *enak yah??

Cewek kedua...
-berinisial I. Adalah seorang maestro musik. Kenapa saya bilang begitu?? Karena tak hanya dia adalah pianis yang handal.. *jago banget boo.. bisa jatuh cinta kalo lo cowok. Tapi dia juga jago banget maen violin. Dia pernah jadi pemimpin ensemble sekolah yang bernama "Symphony of Worship".. *kalo udah jadi pemimpin ensemble, berarti dia yang arrange lagunya. Sekarang dia juga masih kelas 3 SMA di sekolahku dan sekelas sama si N tadi. Dia sekarang jadi Ketua vocal group sekolah "El Obadiah", yang bulang Februari lalu membawakan acara Pemuda Advent di gereja dengan tema "Jatuh Cinta Berjuta Rasanya". Prestasinya menjulang lantaran main di orchestra katedral, ikut Paduan Suara Jakarta Adventist Ministry (JAM). Dan semenjak itu, permainan musiknya makin jago, dan kualitas vokalnya.. Hmm.. TOP!

Jadi inget,, dulu sekolahku pernah ikut lomba musikalisasi puisi. Jadi, kami disuruh memilih sebuah puisi dari daftar yang ada, untuk dimusikalisasikan. Artinya, pada saat membawakan puisi tersebut, harus ada musiknya. Nah, si I inilah yang menggubah nada, sehingga puisi tersebut menjadi sebuah lagu yang ekspresif. Akhirnya menang dapet juara satu plus duit.. kalo gak salah 5 juta??

Kebetulan aku nonton pada saat itu. Lawan sekolahku waktu itu bisa dibilang bukan lawan yang enteng. Mereka dari sanggar. Pake gitar, rebana, dan lain-lainnya itu. Sedangkan sekolah ku?? Hanya membawa 2 gitaris, 4 violinist *I salah satunya, satu galon akua *buat dung-dung-dung, dan 1 kecrekan *bikin sendiri pake botol ama pasir.

Cowok 1... *emang cuma satu
-berinisial R. Tampangnya anak bandel abis.. sama sekali bukan tampang pujangga. Suatu kali aku ketemu buku, kayak diari gitu, tapi bukan diari cewek yang imut2 yah.. Ternyata itu buku berisi kumpulan puisinya dia. dan dari 3 orang ini, menurut aku, yang menggunakan bahasa paling mantap adalah si R. Serasa baca punya S. Takdir Alisyahbana. malah ada kata2 yang aku sendiri baru ketemu disitu. *Emang akunya kali yang kolot yah.. Dia juga aktif di dunia teater, dan pernah jadi sutradara pertunjukkan teater sekolah.


Yang jelas, 3 temen aku ini, top abis dalam berpuisi.
Baca puisi aku? Wah, masih level rendahan.. Gak ada apa2nya.. *emang TT

Tapi toh setelah aku liat2 di binder ku, ternyata aku sudah cukup banyak menulis juga. Tapi aku butuh waktu untuk mengumpulkan keberanian mem-publish puisi2 itu di blog ku. Karena disini semua orang bisa membaca.. dan lewat puisi, tereksposlah seluruh masa laluku.. TT


"...aku mungkin bukan pujangga yang dapat merangkai kata. ini aku apa adanya..."

1 komentar:

Kei90 mengatakan...

Sutan Takdir Alisyahbana... kek ge sering denger tuh nama waktu SMA.

Gw jg ud vakum gitu bikin puisi, gav, sejak SMP-an. Mungkin waktu SMP tuh masa akil balig gw brada di klimaks, paling sensitif... ehh.. maksud gw peka ama apapun. Secara gw Melankolis juga, puisi adalah salah satu tempat curahan uneg2 gw.

Gw jg cupu bikin puisi, neng.

Posting Komentar